Berita

Kilang Minyak Kembali Terbakar, Ketua DPD RI Minta Pertamina Tingkatkan Kewaspadaan

Khairil Adha
12/06/2021, 18:16 WIB
Last Updated 2021-06-24T08:07:42Z
JAKARTA
- Insiden kebakaran bundwall di kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah, membuat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab kebakaran di kilang minyak milik perusahaan pelat merah itu bukan kali ini saja terjadi.

Kebakaran di salah satu tangki T39 kompleks kilang paracilin yang berisi benzene di kilang minyak Cilacap, terjadi Jumat (11/6/2021) malam. Saat terbakar, tangki di area bundwall hanya berisi sepertiga produk benzene atau sebanyak 1.100 barel dari kapasitas total tangki 3.000 barel. 

"Maret lalu, kilang minyak pertamina di Balongan juga mengalami kebakaran yang menyebabkan ratusan warga yang tinggal di sekitarnya harus mengungsi. Sekarang sudah terjadi lagi kebakaran kilang minyak. Saya meminta jajaran Pertamina melakukan evaluasi," tutur LaNyalla, Sabtu (12/6/2021).

Senator asal Jawa Timur itu meminta Pertamina segera mengidentifikasi penyebab kebakaran. Selain itu, LaNyalla juga mengingatkan agar Pertamina memastikan kebakaran tidak berdampak terhadap lingkungan sekitarnya meski lokasi kilang minyak berada jauh dari permukiman.

"Selain itu perlu evaluasi pada penerapan sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) Pertamina. Ini sangat penting, kita tidak mau terjadi lagi kebakaran pada kilang minyak Pertamina. Sebab menyebabkan kerugian negara, juga membahayakan bagi pekerja maupun masyarakat," tuturnya. 

Mantan Ketua Umum PSSI itu menambahkan, Pertamina juga harus memastikan tidak ada korban dalam insiden ini. Ia pun mengapresiasi kepada pihak pemadam yang bekerja cepat mengatasi kebakaran, dan juga kepada pihak kepolisian yang membantu pengamanan perimeter dan area sekitar kilang.

"Sinergi yang baik antara Pertamina dan jajaran terkait akan mengurangi dampak dari kebakaran kilang minyak," tegas LaNyalla.

Pertamina sudah memastikan pasokan BBM serta elpiji tidak akan terganggu akibat kebakaran tersebut. Sebab Benzene merupakan produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, sehingga tidak terkait dengan produk BBM atau elpiji.

"Kepastian dari Pertamina ini menjamin ketersediaan kebutuhan BBM dan elpiji. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," ujar LaNyalla lagi.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

TrendingMore