Kapolres Belawan AKBP Mhd R Dayan Terima Penghargaan Terbaik se-Sumut

Khairil Adha
13/08/2021, 20:48 WIB
Last Updated 2021-08-13T13:49:01Z

MEDAN - Kapolres Belawan AKBP Mhd R Dayan terpilih menjadi kapolres dengan predikat terbaik se-jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut). Penghargaan itu diberikan oleh komunitas Milenial Ornamen Lintas Agama, Ras dan Kebudayaan Indonesia (Oligarki).

Ketua Umum Milenial Oligarki Danny Soetardjo mengatakan, memutuskan memberikan penghargaan kepada Kapolres Belawan itu setelah melakukan penilaian yang meliputi beberapa indikator yang telah ditentukan.

"Penghargaan Kapolres terbaik di Sumut 2021 ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-76 tahun," kata Danny Soetardjo usai menyerahkan penghargaan di Mapolres Belawan, Jumat (13/8).

Dia menjelaskan, beberapa aspek penilaian dari milenial dalam menentukan kapolres terbaik 2021 meliputi aspek penegakan hukum, kemanusiaan, lingkungan hidup dan keadilan sosial.

Kinerja Polres Belawan dan jajaran selama setahun dinilai sebagai bentuk nyata dari kinerja yang selayaknya mendapat penghargaan dan apresiasi dari masyarakat melalui Milenial Oligarki.

"Kapolres Belawan menunjukkan kapabilitas sebagai pimpinan di Polri yang arif, bijaksana, berakhlak dan adil. Di tengah pandemi Covid-19 ini misalnya, beliau sangat proaktif langsung memberikan layanan dan bantuan kepada masyarakat Belawan. Kemudian menangani insiden bentrok beberapa waktu lalu dengan cara yang sangat baik," ungkapnya.

Lanjut dikatakan Danny, seperti yang selama ini diketahui, tidak mudah mengawal dan menjalankan penegakan hukum di wilayah Belawan. Selain wilayah tersebut merupakan salah satu "pintu gerbang" Indonesia di Pulau Sumatera, kondisi lingkungan sosialnya juga sangat kompleks.

Salah satunya adalah tantangan penanganan peredaran narkoba yang masih terjadi. Danny menilai AKBP Mhd Dayan punya komitmen dalam pemberantasan narkoba dengan sejumlah penindakan yang selama ini dilakukan.

"Salah satu aspek penilaian yang tidak kalah penting adalah kepedulian kepada lingkungan dan sosial. Baru-baru ini beliau melakukan kegiatan penanaman 2.500 pohon mangrove di Sicanang bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, yang menjadi bukti kepedulian terhadap environment. Kami berharap dengan penghargaan ini AKBP Mhd R Dayan terus menjadi inspirasi kaum milenial," bebernya.

Menanggapi predikat dan penghargaan yang diberikan kepadanya, AKBP Mhd R Dayan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas penilaian yang diberikan berdasarkan beberapa kriteria yang ada.

Dia mengatakan penilaian dan penghargaan yang diberikan Komunitas Milenial Oligarki mewakili penilaian masyarakat atas kinerja Polres Belawan.

"Penghargaan dan penilaian yang diberikan akan menjadi semangat ke depan untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja kami. Kami akan berupaya melakukan hal-hal baik dalam pelayanan dan penegakan hukum dalam menjalankan fungsi-fungsi kepolisian. Kami tentu akan berkomitmen memberikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di wilayah hukum Polres Belawan," pungkasnya.

TrendingMore